Error People

Error People

Episode Memoar KKLP STIE Muhammadiyah Palopo

Beberapa waktu lalu, sebelum saya memutuskan ikut keliling Jawa-Bali, saya sempat ngobrol dengan seorang kawan, namanya Randi. Si Randi tahun lalu sudah ikut program KKLP, namun dia milih yang program tidak jalan-jalan (stay di Palopo). Saya sengaja memang menggali informasi dari beliau tentang kegiatan-kegiatan selama KKLP. Setelah cerita kami sudah sampai di ujung, kesimpulannya, dia menyarankan saya untuk lebih baik ikut program yang jalan-jalan. Saya tidak tahu, alas an utamanya. Mungkin karena dia rasa melelahkan di Palopo, makanya dia menyarankan saya untuk ikut program keliling-keliling itu saja, ketimbang stay di Palopo.

Satu hal yang masih saya ingat dari ngorbrol-ngobrol dengan Randi hari itu. Dia bilang: “Disini mi dilihat karakter sebenarnya teman-teman”. Dan hari ini saudara😀 , dengan bangga saya membenarkan kata-kata rekan saya itu! Selama perjalanan, karakter-karakter itu betul-benar keluar. Tidak dibuat-buat, alami dan natural (alami-natural sama arti kale…). Makanya, saya sebut gado-gado karakter. Semua teramu jadi satu, namun perjalanan asyik-asyik aja tuh!

Ini hanya pendapat pribadi saya saja. Jangan tersinggung bagi yang namanya masuk daftar hitamku berikut ini. Tapi kayaknya, teman-teman yang ikut KKLP 98% ndak sering (atau malah ndak pernah) menjelajah di dunia maya deh J Jadi tak apalah saya sebut nama disini. Hitung-hitung kata dosen Al Islam-ku: issengngi alemu! Nih black list-nya (banyakan dari cowok saja, soalnya cewek-ceweknya agak tidak kelihatan karakternya, karena beda tempat, ya kan…):

Tipikal Mahasiswa Burenk, Ciri-cirinya mungkin seperti ini: kemana-mana nyatet, pulpen dan buku benda paling wajib dibawa. Jangan heran kalau jurnalnya paling lengkap. Tipe ini pantaslah disandang oleh Mr Rm, sang sekretaris angkatan XIV.

Tipikal Jago Protes, ciri-cirinya seperti ini: semua kekurangan panitia dicalla (tapi ngungkapinnya kepada sesama peserta). Makhuk seperti ini sebenarnya bagus, dia juga memberi solusi terhadap masalah. Jadi ndak negative-negatif amat. Orangnya, hmm… mungkin Si Mn.

Tipikal Superman, cirri-cirinya seperti ini: selalu ‘tampil’, ngatur-ngatur atau sok ngatur, sering teriak-teriak sambil matut megaphone, alhasil menjadikan rombongan pusat perhatian orang-orang, seperti Superman saja yang lagi menyelamatkan anak kecil yang hampir jatuh dari lantai 80, semua mata tertuju padanya! Tak salah mungkin saya tulis nama si Tf untuk tipikal ini.

Tipikal Kapujiang, ciri-cirinya: bibir ngoceh ndak pernah berhenti (ndak tahu temanya apa), selalu ingin diperhatikan. Kadang menjengkelkan (malah sering, makanya perang saudara hampir meletus). Nama yang saya tulis di tipe ini adalah si Kw.

Tipikal Easy Going, ciri-cirinya: yah… easy going, asyik-asyik aja orangnya. Sebagian besar sih pesertanya seperti ini. Dan inilah penyeimbang si tipe-tipe aneh lainnya. Yang menonjol: Mr Az, si Ac, si Fj, etc.

Tipikal Bocah-Bocah, nah tipe ini adalah tipe kekanak-kanakan dan bisa saya sebut sebagai super junior angkatan. Orangnya yah… si Rt.

Tipikal Matang, orangnya sebagian besar memang sudah Bapak-bapak dan Ibu-ibu. Yang menonjol ayak kita, Ayah Nm.

Tipikal Cari Muka, ciri-cirinya: selalu dekat sama dosen, bertanya hal-hal yang ndak penting, dan beri hadiah ke dosen. Ndak salah mungkin saya tulis nama Nl di tempat ini.

Tipikal Membosankan, ciri-cirinya: susah lihat orang senang, senang lihat orang susah dan agak narsis. Contohnya mungkin si Am.

Tipikal Ngeres Oriented, cirri-cirinya: otaknya ngeres melulu, topic perbincangan seputar sex, panti pijat, cewek, bule di pantai Kuta, sarkem, saritem, dan sering bagi-bagi bokep. Orangnya yah si Fd.

Tipikal Zero, orang-orang zero ini niatnya ikut kegiatan gak tahu apaan. Karakternya gak kelihatan sama sekali karena keaktifannya zero. Oknumnya sebagian besar rekan-rekan dari regular.

Tipikal Penyendiri, cirri-cirinya: bicara sedikit, duduknya di sudut-sudut belakang, kalau mau keluar kamp ndak izin-izin, kalau sudah mau tidur ndak bilang-bilang. Kemana-mana sendiri dan selalu no comment. Orangnya yah seperti si Mj.

Tipikal Pammodeang, ini tipe paling aneh, mandi kelamaan, makai bedak, handbody, dan parfum pasca mandi hukumnya wajib dilakukan. Sisir rambut selalu ada. Oknumnya ya si Ww.

Kalau lihat karakter-karakter di atas, saya koq teringat dengan sebuah tulisan di sebuah jembatan yang ada di Jalan Teuku Umar Barat Denpasar. Di situ ditulis: Error People. Mungkinkah itu ditujukan pada rombongan kami yang sempat lewat sana?

2 thoughts on “Error People

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s