Tak Berdarah Takku

di antara bulan dan pekat

lidah merapat

lalu berkelabat

bagai sayap langkang tegap

terkibas-kibas melawan asap

rajah mengalir

jampi bersyair

pahamlah diriku

suara-suara tersapu liur itu

Aku sendiri tak mampu

rajahnya begitu ampuh

seketika bagai hantu

sekejap tak berbentuk

suaranya dibawa sang bissu

Aku tak mampu

karena tak berdarah takku

habis nian rayu-rayuan

dibantah dengan sejarah

tak bias dilawan

walau sejarah bisa dirubah

ini gelombang tak berhanyut

mari lawan dengan welenreng

jangan dengan wakka tana

karena dia akan ciut

kala menghadap Sawerigading

tapi aku tak mampu

karena aku tak berdarah takku

buat apa walasuji

jika niat tak lulus uji

Aku hanya butuh tulus suci

untuk langkah tanpa pamrih

karena cinta kami di hati

bukan sekadar birahi

semua dating dari ilahi

jika puang memang tak mau

paksa aku jadi takku

penerus Batara Lattu

dari negeri Luwu

karena ada kelewang di diriku

bagai pakka dua terhunus

jelmaan para kallolo

penjaga bakal pajung

di atas tana bangkala

Aku memang tak mampu

bukan takku apalagi opu

kawinkan saja dengan mattola

dikau empunya

berdarah takku berpayung megah

Si Dara pasti lenyap asa

kulayari negeri Cina di Selasa

biar kutunggu di sana

perawan kepunyaan puang

3 thoughts on “Tak Berdarah Takku

Tinggalkan Balasan

