Banjir di Palopo

Banjir Palopo

Banjir Palopo

SDN 75 Surutanga

SDN 75 Surutanga

Ini kali pertama saya lihat di Palopo, banjir bandang yang menerjang ribuan rumah. Beberapa rumah di bilangan Latuppa dikabarkan terbawa arus. Jalanan poros pusat kota-kawasan wisata Latuppa tertutup. Di daerah pusat kota sendiri, rumah-rumah yang berada di sepanjang sungai Jembatan Putih, Jembatan Bolong dan Jembatan Amasangan tertutupi lumpur. Fasilitas umum seperti Jembatan Putih rusak (nyaris ambruk), SD Surutanga, Kompleks Perguruan Muhammadiyah di bilangan Ahmad Dahlan dan beberapa sekolah dasar laninnya hingga saat ini masih mengalami gangguan proses pembelajaran.

SD Salutellue Penuh Lumpur

SD Salutellue Penuh Lumpur

Kerja Bakti di SD Muhammadiyah

Kerja Bakti di SD Muhammadiyah

Tanggul Jebol

Tanggul Jebol

Kemarin, pak Gubernur sudah meninjau lokasi banjir. Pemerintah Kota Palopo dinilai cukup tanggap menangani bencana ini. Komandan Kodim selaku ketua penanggulangan bencana banjir Palopo menargetkan dalam 10 hari pasca banjir, Palopo bakal normal lagi. Hingga kini, capaian target tersebut mulai nampak. Bantuan materi dianggap memadai, namun yang paling penting adalah bantuan tenaga. Kemarin, teman nelpon menanyakan hal apa yang sangat diperlukan korban saat ini, saya jawab: Tenaga! Ya, iya soalnya untuk mengangkut lumpur, mau tidak mau cuma dengan tenaga manusia. Apalagi kalau berada di kompleks sekolahan.

Akibat Banjir di SD Ponjalae

Akibat Banjir di SD Ponjalae

10 thoughts on “Banjir di Palopo

  1. Ping-balik: Palopo, My Hometown « Insan Perubahan

  2. Mudah-mudahan banjir ini yang terakhir kali…
    Kemarin malam sempat air naik lagi sampai setengah tinggi tanggul tapi cuman bertahan sampai disitu. orang pada nonton, ada jg sambil motret di jembatan tdk takut kalo nanti tiba-tiba banjir datang tiba2.

  3. Kami yang ada di perantauan cuman bisa berdo’a semoga saudara2 yang ditimpa musibah diberi ketabahan dan semoga dengan adanya peringatan dari alam ini membuat kita semakin sadar dalam memperlakukan alam sekitar kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s