Grup-Grup Anak Palopo di Facebook

Kata Pak Hermawan Kertajaya, salah satu tren pemasaran mutakhir yang perlu mendapat perhatian kita adalah adanya new wave marketing yang salahsatunya memiliki pendekatan pemasaran melalui komunitas. Sadar tentang hal tersebut, dan diimbangi pula dengan boomingnya jejaring sosial facebook, maka komunitas-komunitas facebook-er pun tumbuh di mana-mana.

Demikian halnya dengan fesbuker Palopo. Setidaknya, ada empat grup fesbuker Palopo yang terakun di Facebook.com, yaitu grup “Palopo Brotherhood”, grup “Dekker Palopo, grup “Palopo Facebook Community” dan grup “Palopo Area”. Sekarang, mari kita lihat grup-grup tersebut:

1. Palopo Brotherhood

Dari kolom infornya, pendiri grup ini adalah arhy marxian. Misinya sederhana yaitu mau menghimpun fesbuker Palopo di grup ini. Hal tersebut dapat dilihat dari pengantarnya yang menulis: “Klo loe Mrasa anak2 palopo masuk aja digrup ini”. Sampai saat ini, jumlah anggotanya sebanyak 366 fesbuker.

Jika dilihat dari content-nya, si admin tampaknya belum maksimal dalam mengurus grup Palopo Brotherhood ini. Lihat saja di bagian diskusinya. Di sana Cuma ada satu topik diskusi, itupun tidak terlalu ramai dan topiknya pun masalah tentang anak Palopo yang menjamur Di Makassar. Admin grup ini adalah seorang mahasiswa perantauan di Makassar, yang masih kurang akses informasi tentang Palopo terkini. Sehingga, orientasinya lebih memberikan kontribusi ide yang konstruktif dari luar Kota Palopo.

2. Palopo Area

Grup ini didirikan oleh febuker ekzizt-abank lebay-pleaze. Kalau dilihat dari tanggal diskusi pertama, grup ini merupakan grup fesbuker Palopo pertama yang terbentuk. Anggotanya pun sudah mencapai 524 fesbuker. Sayangnya, akhir-akhir ini kurang terupdate oleh adminnya sendiri.

Misi grup Palopo Area sebenarnya belum terlalu jelas. Menurut penulis, misinya hampir sama dengan grup Palopo Brotherhood yang mau menghimpun fesbuker Palopo dan menumbuhkan kecintaan kepada Palopo. Lihatlah diskusi teramai di grup  ini tentang “Palopo di mata lo?“. Sebagian besar balasan diskusi mengaku bangga jadi anak Palopo, walaupun tidak sedikit pula yang memberi komentar-komentar ngaco di diskusi itu.

3. Dekker Palopo

Grup Dekker Palopo termasuk grup yang paling bagus organisasinya. Selain memiliki pendiri (Achmad Sulfikar) yang juga merangkap sebagai koordinator, juga dilengkapi pula petugas yang menjabat asisten 1-3 beserta Kasubag Umum-nya.

Grup ini mengkategorikan grupnya sebagai organisasi komunitas.  Dekker Palopo mempunyai misi untuk memunculkan lagi semangat “ma’dekker” dalam bentuk yang lebih positif. Dekker Palopo adalah sebuah Dekker Virtual dimana para pengguna Facebook, Blogger, dan lain-lain (khususnya bagi orang Palopo, baik yang berdomisili di Kota Palopo atau yang berada di tempat lain) yang biasa berkelana di dunia maya untuk saling berinteraksi. Berbagi cerita, menyebarkan Ilmu, bertukar pikiran dan ide, menyampaikan kritik demi peningkatan kualitas Kota Palopo dan penyambung silaturahmi kita sebagai sesama warga. Dengan jumlah anggota yang mencapai 947 fesbuker, grup ini sudah melakukan kopdar sebanyak 3 kali. Dari topik-topik diskusinya, tampaknya grup ini memang konsisten terhadap misinya tersebut.

4. Palopo Facebook Community

Palopo facebook Community dengan member 1212 fesbuker menempatkan grup ini merupakan grup fesbuker Palopo yang memiliki anggota terbanyak di antara grup-grup fesbuker Palopo lainnya. Pendiri grup ini zwaeb laibe dan andy syoekri amal, dalam pengantarnya menuliskan ”Kota Palopo, kota kita. Kota yang senantiasa mengharapkan dukungan dan partisipasi kita semua menuju arah yang lebih cemerlang. Tuangkan saran, kritik, dan ide cemerlang Anda di sini, sebagai bentuk kepedulian kita terhadap pembangunan kota ini, kota kita semua…..!!”

Dari pengantar di atas, jelaslah bahwa grup ini memiliki misi yang jelas di mana mengingkan tumbuhnya diskusi yang kritis dan konstruktif terhadap pembangunan Kota Palopo. Hal tersebut juga sangat tampak dari topik diskusi teramai di grup ini: “kapan Palopo punya mal?”. Di diskusi ini banyak fesbuker yang argumentatif dalam berkomentar, namun seperti diskusi-diskusi di grup-grup lainnya, tidak sedikit pula yang asal comment. Selain diskusi tentang ekonomi perkotaan, di grup ini juga ada diskusi tentang pendidikan dan kesehatan, tentang religiusitas dan kreatifts anak-anak Palopo.

Dari keempat grup anak Palopo di Facebook di atas, mungkin masih ada beberapa grup lagi yang belum sempat saya temukan. Namun, apapun namanya, bersinggungan dengan teori Pak Hermawan Kertajaya di atas, saya pikir grup komunitas semacam ini ada positifnya bagi para fesbuker. Lebih-lebih bila di dunia nyata, para member atau febuker itu sendiri mampu untuk berbuat secara lebih riil. Paling tidak ada aksi nyata yang dapat dilakukan untuk merealisasikan diskusi-diskusi yang sering dilakukan di grup-grup tersebut. Mimpi saya sebenarnya, suatu saat kita bisa buat gathering, minum kopi bareng atawa sekadar online sama-sama di suatu tempat. Saya harap anda mau membuat mimpi saya itu menjadi nyata… Batinku bergumam: saat ini di Palopo, apa sih yang tidak bisa dilakukan? Anda setuju?

12 thoughts on “Grup-Grup Anak Palopo di Facebook

  1. Happy early NEW YEAR 2010!
    Welcome the new day full of smiles and hope,
    Wish the world of blogger still victorious,
    More friendship and brotherhood,
    Wish all the best for us,
    Happy, happy, happy new year 2010!
    SELAMAT TAHUN BARU 2010!

    -tuteh-

  2. terlalu banyak group… jadi gag ngumpul semuanya masing-masing ingin menjadi admin jadi kelihatannya terpecah-pecah… sekedar saran ada bagusnya kalau semua itu dijadikan satu saja…!!!!

  3. bro gimana kalo kita buat web yang khusus komunitas blogger palopo. tapi kita buat seperti angingmamiri punya…. saya sudah ada sedikit gambaran tentang itu. kita tinggal beli domainnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s