Kerah Putih

Dan banyaklah kini foto berupa-rupa gaya, bertebaran di jagad maya. Yang lagi trendi, dengan seragam putih, mengenakan emblem Korpri. Kira-kira sejak Januari, uniform putih menjadi instruksi Menteri Dalam Negeri. Tak sedikit yang bilang, ini ala-ala Jokowi, sang Presiden RI.

Warna putih kerapkali dipakai sebagai penanda. Ia penuh akan makna-makna.

Sang saka republik ini, menyandingkan merah dan putih. Merah bermakna berani, putih berarti suci.
Para politisi, menjadikan putih sebagai simbol netralitas diri. Berusaha lepas dari asosiasi partai, yang identik dengan warna-warni.
Di Sulawesi, ia menjadi penanda duka atas adanya kerabat yang mati. Saat di medan perang, bendera putih juga menjadi pengakuan atas kekalahan diri.

Namun, uniform putih ASN adalah simbol aparatur bersih. Ia adalah bunga-bunga dari mental yang berevolusi. Harapan atas terwujudnya pamong yang tak korupsi. Yang suka melayani, tanpa harus menarik pungli.

Seragam putih juga adalah simbol para profesionalis. Ia serupa pekerja bisnis, tapi doktrin birokratis. ASN kerah putih memang tentang upaya keras merubah birokrasi menjadi lebih idealis. Bagi yang masih sulit bekerja dengan Microsoft Office, kita berharap sudah mulai habis. Aparat berkerah putih adalah abdi negeri yang melayani dengan senyum manis. Pekerja profesional yang dibentuk dengan mental Pancasilais.

Pekerja kerah putih (white collar) adalah pekerja profesional. Ia paham aturan yang terdiri atas pasal-pasal. Responsif terhadap perubahan dan kondisi sosial. Dan senantiasa mengembangkan diri dengan sejumlah pendidikan dan latihan fungsional. Pada akhirnya, kita berharap aparatur pekerja kerah putih akan semakin andal. Dan biasanya, harga atas profesionalisme yang andal tentu akan semakin mahal. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s