Helicopter View

Kadang, perdebatan terjadi karena dua orang berbeda sudut pandang dalam melihat sesuatu. Kita kerapkali melihat suatu obyek dari perspektif yang horizontal, datar dan sempit. Padahal, untuk mendudukkan suatu fenomena menjadi lebih utuh, kita perlu sudut pandang yang lebih luas. Dalam menghasilkan citra yang lebih komprehensif, helicopter view diperlukan oleh setiap orang.

Helicopter view pada prinsipnya adalah melihat suatu masalah secara sistem. Metode ini layaknya kita naik helikopter, dan melihat ke bumi dari atas. Atau yang lagi hits, anda menerbangkan drone dan memelototi layar remote control untuk melihat konsentrasi bangunan, hamparan tanah atau genangan air. Dari citra yang diperoleh, akan selalu nampak bahwa suatu bagian kecil yang mengkonstruksi sebuah permasalahan, biasanya dipengaruhi oleh fenomena lain di sisi yang berbeda.

Olehnya itu, untuk menghindari debat kusir yang tanpa ujung, cobalah meninggikan sedikit ‘posisi’ Anda. Lihatlah masalah dari sudut pandang yang lebih tinggi, luas dan beragam. Dari situ, Anda akan memperoleh kesadaran, bahwa hidup tidak hanya tentang diri Anda sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s