4C Manajemen Masjid

Untuk menjadikan masjid lebih menarik bagi jamaah, setidaknya masjid kekinian harus memperhatikan 4 hal: Comfort, Cognition, Clear & Connect.

Comfort, merujuk pada kenyamanan jamaah, seperti suhu ruang yang adem, keamanan alas kaki, parkir yang luas dan soundsystem yang ‘easy listening’, keramahan pengurus dan sebagainya…

Cognition, merujuk pada kemampuan masjid menjadi pusat pengetahuan. Ini ditandai dengan tema tauziah yang mencerahkan, mubalig yang komunikatif, remaja masjid yang terkader, dan kegiatan dakwah yang variatif dan berkesinambungan.

Clear, merujuk tidak hanya bersih dalam arti sebenar-benarnya seperti tempat wudu yang mengkilap, toilet yang wangi dan karpet yang tidak berdebu, tetapi Clear juga merujuk pada transparansi administrasi keuangan yang jelas dan ‘prudent’ serta kepengurusan yang bebas kepentingan.

Sedangkan Connect merujuk pada upaya untuk membangun jaringan kerja yang bersifat hybrid. Jejaring offline harus dibangun paralel dengan jejaring online dalam rangka menggalang donasi untuk pembangunan masjid.

Demikian saripati diskusi para pelaku dan pengamat manajemen masjid kekinian siang ini, yang dimoderatori oleh Herawan Syamsuddin Toni , keynote speaker oleh Taslim Jie dan dihadiri oleh Jamaah Humas dan Protokol Kota Palopo… 😀

Tinggalkan komentar